Rabu, 06 Februari 2013
             Apa yang dimaksud dengan URL ?


URL singkatan dari “
Uniform Resource Locator
” adalah rangkaian karakter
   dengan format tertentu yang digunakan untuk merepresentasikan alamat atausumber dokumen di internet. Nama lainnya adalah URI (Uniform ResourceIdentifier).Setiap URL dimulai dengan protokol, seperti http://; https:// atau ftp://.Contoh: URL blog ini adalah:http://www.caramembuat.com/ ; atau artikel iniURL-nya yaitu:http://www.caramembuat.com/apa-itu-url.html.
Terus apa bedanya dengan “
nama domain
“? Dalam contoh di atas namadomainnya adalah “
caramembuat.com
“.Penulisan nama domain “case insensitive”
artinya menulis dengan huruf besaratau kecil samasaja, tidak dibedakan.http://caramembuat.com/ danhttp://www.CARAMEMBUAT.COM/ akan menghasilkan halaman yang sama.
…sedang penulisan URL setelah nama domain itu “casesensitive”, besar kecilnya
huruf diperhatikan.http://www.caramembuat.com/apa-itu-url.htmlbeda denganhttp://www.caramembuat.com/APA-ARTI-URL.html.Contoh URL yang kedua
akan menghasilkan “error”, halaman tersebut tidak ditemukan, dalam bahasa jawanya “
error 404
Kemarin saya mendapat pertanyaan dari salah seorang pengunjung situs inimengenai pengertian URL. URL adalah singkatan dari Uniform ResourceLocator, fungsi URL di internet sama halnya dengan fungsi alamat rumah di dunianyata. Untuk mengunjungi rumah seseorang kita musti tahu alamatnya bukan??nah.. begitupun jika kita ingin mengunjungi sebuah halaman situs di internet, kitamusti tahu alamatnya atau URL-nya. Contoh URL adalah misalnya:
http://www.google.com
URL atau Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber DayaSeragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yangdigunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber- seperti dokumen dangambar- di Internet.
 
Hypertext Transfer Protokol (HTTP)
HTTP adalah suatu protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti olehWeb browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Webserverdalam menyediakan dokumen yang diminta untuk mengakses dokumen HTML.Jikaanda sedang menjelajahi Web dan melihat tulisan sepertihttp://www.disney.comatauhttp://*******ini merupakan salah satu penggunaan protokol HTTP dalam web. Dan dapat dipastikan bahwa anda akanberhubungan banyak dengan protokol ini jika sedang mengakses Web.
Uniform Resourse Locator (URL)
URL adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasipada suatu Web server, URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat, dimanaalamat tersebut terdiri dari :- Protokolyang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.- Nama dari komputer di mana informasi tersebut berada, dan- Jalur serta nama file dari suatu informasi.Berikut ini adalah contoh dari URL :http://www.dlanet.com/flash/index.htmldimana :- http adalah protokol yang digunakan- dlanet.com adalah nama dari server komputer- flash adalah jalur dari informasi yang dicari- index.html adalah nama file dimana informasi itu berada.
Domain Name System (DNS)
Komputer-komputer di Internet menggunakan suatu format penamaan standaruntuk mempermudah pengelolaan server komputer di Internet yang berkembangdengan cepat. Sistem penamaan server komputer ini adalah Domain Name System(DNS).DNS membuat suatu tingkat-tingkat domain, yang merupakan kelompok komputer-komputer yang terhubung ke Internet.co.id / com- organisasi komersialac.id / edu- lembaga pendidikango.id / gov- lembaga pemerintahnet.id / net- provider internetmil.id /mil- organisasi militeror.id / org- organisasi umum

Featured


0 komentar:

About Me

Selamat Datang Di_Blog Ini

Time converter
Diberdayakan oleh Blogger.
Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail